Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 7 No 1 (2022): Maret

Hubungan Kinerja Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Pada Mata Pelajaran Matematka di Sekolah Dasar Negeri 24 Muara Enim: The correlation between Teacher Performance and Learning Outcomes of Class 1 Students in Mathematics Subject at State Elementary School 24 Muara Enim

Djoko Rohadi Wibowo (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang)
Astri Harmita (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang)
Elhefni (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja guru pada materi matematika kelas 1 di SDN 24 Muara Enim, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi matematika kelas 1 di SDN 24 Muara Enim dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kinerja guru dengan hasil belajar siswa pada materi matematika kelas 1 di SDN 24 Muara Enim. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan prosedur pemilihan informasi yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pada rencana masalah utama didapat dari hasil perhitungan variabel X pada kinerja guru, nilai rata-rata adalah 63. Sedangkan nilai 63 diingat untuk rentang berikutnya (57 -63) bahwa perincian masalah utama adalah tentang bagaimana kinerja guru dalam pembelajaran materi matematika kelas 1 di SDN 24 Muara Enim di kelas  pada kategori ke dua (sedang). Pada perincian masalah ke kedua, hasil menunjukkan mean dengan nilai 77 dari variabel Y terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan nilai 77 untuk rentang (74-77) yang menyiratkan bahwa perincian masalah kedua ada di kategori (sedang). Pada masalah ke ketiga, terdapat hubungan antara pelaksanaan pendidik dengan hasil belajar siswa siswa kelas 1 pada materi matematika di SDN 24 Muara Enim. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus product moment diketahui bahwa hubungan antara pelaksanaan pendidik (X) dan hasil belajar (Y) adalah 0,5296 bila dihitung dengan r tabel dengan derajat 5% adalah 0,468. Jadi berdasarkan dari rumusan masalah ketiga, diperoleh bahwa rxy = 0,5296 > rt = 0,468. Artinya dari hipotesis yang diajukan untuk “Ha : Terdapat hubungan antara variabel x dengan variabel y” diterima dan “  : Tidak ada hubungan antara variabel x dengan variabel y” ditolak. Kata Kunci:  kinerja guru, hasil belajar, pembelajaran, matematika, sekolah dasar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alashr

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Ashr Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada periode Maret dan September. Jurnal Al-Ashr ini memuat dan menyebarluaskan berbagai hasil penelitian, kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, Mahasiswa dalam lingkup bahasan ...