Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 2 No 2 (2022): Mei

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CIRCUIT LEARNING (CL) BERBANTU MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Desi Purnama Sari (Universitas Muhammadiyah Metro)
Triani Ratnawuri (Universitas Muhammadiyah Metro)
Tiara Anggia Dewi (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak peserta didik yang belum tuntas hasil belajar, tujuan untuk mengetahui Adanya Pengaruh Penggunaan Model Circuit Learning (CL) Berbantu Media Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X SMA Darma Utama Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Hasil analisis perhitungan menggunakan regresi liniar sederhana dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,02 > 1,72. Sehingga ada pengaruh positif penggunaan model Circuit Learning (CL) berbantu media kartu soal terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X SMA darma utama lampung tengah tahun pelajaran 2020/2021 pada pokok bahasan masalah ekonomi dalam sistem ekonomi. Peserta didik kelas eksperimen yang dinyatakan tuntas dengan KKM (70) setelah treatment sebanyak 79,2% (19 Peserta Didik), sedangkan yang belum mencapai tuntas belajar berjumlah 20,8% (5 Peserta Didik) dan kelas kontrol 72,7% (16 Peserta Didik), sedangkan peserta didik yang belum mencapai tuntas belajar berjumlah 27,3% (6 Peserta Didik). Sehingga, guru dapat menerapkan penggunaan model Circuit Learning (CL) berbantu media kartu soal dalam proses pembelajaran yang diselenggarakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...