Jurnal Bahasa Jepang Taiyou
Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Taiyou

Belajar Sastra Jepang dengan Project Based Learning Apresiasi Sastra dengan Video Drama

Ayu Putri Seruni (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Fera Arzenty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Pembelajaran sastra dengan apresiasi drama diterapkan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa, memahami dan memanfaatkan karya sastra dalam pengembangan kepribadian dan meningkatkan kemampuan berbahasa. Mahasiswa mempelajari perkembangan sastra Jepang setiap zamannya, menelaah karya sastra dan mengapresiasikan dalam bentuk drama. Selama masa pandemi covid 19, apresiasi drama yang ditampilkan secara langsung, dibuat secara online menggunakan video animasi. Tujuan dari pembelajaran sastra di program studi pendidikan bahasa Jepang adalah mengapresiasikan sastra dalam bentuk video animasi dengan tema dongeng. Hasil pembahasan pada pembelajaran sastra Jepang menggunakan project based learning apresiasi drama dengan video animasi, mahasiswa memahami teks karya sastra mengenai momotaro dan Urashima taro, membuat teks drama dan video animasi drama, kemudian ditampikan melalui zoom online. Video animasi dibuat dengan desain sendiri sesuai kreativitas mahasiswa dan menggantikan peran pemain dalam apresiasi drama. Mahasiswa tetap melakukan dubbing sebagai pengisi suara dalam video animasi tersebut. Pelaksanaan dilakukan dengan pembimbingan, pembuatan desain proyek, memonitoring penjadwalan, penilaian hasil dan evaluasi. Pelaksanaan apresiasi sastra menggunakan video animasi memiliki respon yang sangat baik dan lebih menarik oleh pembelajaran bahasa lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

taiyou

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Bahasa Jepang Taiyou will publish a selected paper under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). The publication policies of the Journal meet the normal requirements for Open Access. which means that all content is freely available at no cost with the use of his / ...