KARANGAN Journal
Vol. 1 No. 01 (2019): Februari 2019

PENGAJARAN REMIDI UNTUK MENANGANI KETIDAKTUNTASAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI LARUTAN DAN TITRASI ASAM BASA

Fatayah Fatayah (Universitas Billfath Lamongan)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengajaran remidi yang disusun terhadap ketuntasan hasil belajar kimia materi pokok stoikiometri larutan dan titrasi asam basa siswa siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 1 Manyar Gresik. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 1 Manyar Gresik yang tidak tuntas pada materi pokok stoikiometri larutan dan titrasi asam basa. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian deskriptif dengan langkah-langkah: Tes diagnostik, pelaksanaan pengajaran remidi dan pengukuran hasil. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa siswa Kelas XI IPA-1 yang tidak tuntas (kategori remidi) berjumlah 20 siswa dari 31 siswa (64%). Setelah dilakukan pengajaran remidi (yang pertama) terdapat 13 siswa yang tuntas sehingga masih ada 7 siswa yang tidak tuntas dan setelah pengajaran remidi kedua kali seluruhnya tuntas.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa seluruh siswa tuntas setelah dilakukan pengajaran remidi yang pertama (model pengajaran langsung metode latihan terbimbing dan pemberian umpan balik serta bantuan tutor sebaya) dan pengajaran remidi kedua kali (metode latihan terbimbing dan pemberian umpan balik serta bantuan tutor sebaya).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

karangan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal KARANGAN published research result of education following: 1. Indonesian language learning 2. English learning 3. Chemistry education learning 4. Thematic learning 5. Literacy 6. Teaching materials ...