Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar melalui masalah konstektual ditinjau dari kemampuan matematikanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pangandaran sebanyak 6 orang siswa yang terdiri dari 2 orang siswa berkemampuan tinggi, 2 orang siswa berkemampuan sedang dan 2 orang siswa berkemampuan rendah yang diambil berdasarkan nilai raport. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes dan wawancara yang melalui tahap teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Kemampuan koneksi matematis didefinisikan melalui soal konstektual yang memuat indikator kemampuan koneksi yaitu: 1) koneksi antar topik matematika, 2) Koneksi dengan disiplin ilmu lain, 3) Koneksi dengan kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa berkemampuan tinggi sudah mampu memenuhi indikator kemampuan koneksi matematis, sebagian siswa berkemampuan sedang mampu memenuhi indikator koneksi matematis dan siswa dengan kemampuan rendah belum mampu memenuhi indikator koneksi matematis.Kata Kunci: Koneksi Matematis, Bangun ruang sisi datar, Kubus dan balok.
Copyrights © 2022