CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 6, No 1 (2022)

UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

Anggi Desviana Siregar (IAIN Kerinci)
Ravico Ravico (IAIN Kerinci)
Lenni Khotimah Harahap (UIN Walisongo)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kreativitas mahasiswa pada pembelajaran kimia menggunakan bahan ajar berbasis Project Based Learning (PjBL). Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan biologi semester 2 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci yang mengikuti perkuliahan kimia dasar. Penelitian dilakukan dengan desain One-Shot Case Study. Data hasil penelitian diperoleh dari analisis lembar observasi produk dengan skala berpikir kreatif (Creative Thinking Scale/CTS). Analisis data dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas mahasiswa dalam menghasilkan produk model-model bentuk molekul menggunakan bahan limbah lingkungan termasuk pada kategori sangat tinggi dengan nilai 80. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar kimia berbasis Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...