CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 6, No 1 (2022)

PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM INOVATIF TERINTEGRASI PBL (PROBLEM BASED LEARNING) SESUAI KURIKULUM 2013 UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP

Febri Yanti (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kelayakan buku penuntun dan kit praktikum kimia inovatif Kelas XI SMA/MA semester genap sesuai kurikulum 2013, penilaian buku penuntun dan kit praktikum berdasarkan  tanggapan ahli serta mengetahui tingkat kelayakan melalui uji coba pemakaian yaitu dengan uji ketrampilan proses sains.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penuntun praktikum disusun mengikuti langkah model pembelajaran terintegrasi Problem Based Learning yang pada prakteknya siswa melakukan percobaan lewat masalah yang diberikan dan melaporkan serta mendiskusikan hasil percobaan yang dilakukan. Selain itu dalam uji keterlaksanaan buku penuntun dan kit praktikum ini dilakukan pengamatan terhadap respon, sikap dan hasil belajar siswa secara kognitif disekolah dan subjek uji keterlaksanaan terdiri dari dua puluh delapan siswa. Teknik pengumpul data menggunakan lembar validasi buku penuntun praktikum, lembar validasi kit praktikum, angket lembar observasi keterlaksanaan praktikum. Penilaian dosen ahli dan guru kimia terhadap buku penuntun praktikum kimia inovatif sesuai kurikulum 2013 berbasis PBL diperoleh rata-rata 3,81 dan penilaian ahli dosen dan guru kimia terhadap kit praktikum diperoleh rata-ratasebesar 3,72 artinya valid dan tidak perlu revisi sehingga dapat dipergunakan dalam pembelajaran kimia. Sikap pada siswa saat melaksanakan praktikum sebesar 83,23%. Respon siswa saat melaksanakan praktikum sebesar 86,60% yaitu dalam kategori sangat baik. Terdapat hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan buku penuntun dan kit praktikum inovatif terintegrasi PBL

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...