Wacadesain
Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Wacadesain

ANALISIS SEMIOTIKA KARAKTER DORAEMON PADA KEMASAN BOTOL AIR MINUM CLEO

Angel Purwanti (Universitas Putera Batam)
Agus Triyadi (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2022

Abstract

Dewasa ini merk air mineral kemasan yang bermunculan sehingga mau tak mau maka makin memunculkan persaingan Banyak pelaku usaha yang tidak begitu memperhatikan kemasan produknya, maka mereka akan tertinggal. Cleo sebagai salah satu merk air mineral kemasan yang berasal dari PT SARIGUNA PRIMA TIRTA TBK di pasuruan hadir memberikan inovasi baru dengan air mineral kemasan dengan bentuk botol Doraemon yang digemari anak-anak karena karakter produknya ialah karakter kartun yang tampil lebih menarik dan sesuai dengan segmentasi pasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan makna dan tanda pada kemasan air botol merek Cleo yang memiliki karakter doraemon, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotic Sanders Pierce. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukan bahwa kemasan yang dibuat dalam bentuk 3 dimensi dengan karakter Doraemon yang didesain sesuai dengan karakternya juga ditambahkan karakter lain yang ada di cerita Doraemon seperti nobita, giant, suneo dan sizuka. Kemasan tersebut didesain dengan warna-warna ceria dan tulisan yang mudah dibaca terutama untuk anak-anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wacadesain

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal Wacadesain Jurnal Wacadesain merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Seni dan Desain Komunikasi Visual. Dengan artikel yang belum dipublikasikan secara online atau versi cetak. Jurnal wacadesain memiliki versi online dan cetak dengan jadwal publikasi pada bulan Mei dan November ...