Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 2, No 5 (2014): Jurnal Bioterdidik

KREATIVITAS DAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Annisa Solihah (Unknown)
Tri Jalmo (Unknown)
Berti Yolida (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2014

Abstract

The objective of this research was to know the students’ activity and creativity in learning biologi using Project Based Learning (PBL) model. The research design used was single experimental treatment. The sample of this research were students of grade X of SMA Pembina Menggala that were taken by purposive sampling technique. The data of the research was qualitative data described, that were: students’ creativity, students’ product, students’ learning activity, students’ scoring questionnaire about other students’ product and students’ comment about PBL model. The result showed that most of students’ learning creativity categorized as “quite creative” (68,14%) in planning and making product, most of product made categorized as “valuable” (62,53%), and most of students’ learning activity categorized as “quite activity” (64,89%). So, it can be concluded that the students were “quite creative” in planning and making rubbish recycle product and “quite active” in learning using PBL model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan kreativitas siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan model Project Based Learning (PBL). Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimental perlakuan tunggal. Sampel penelitian adalah seluruh siswa SMA Pembina Menggala kelas X yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif yang dideskripsikan, yaitu: kreativitas siswa, produk siswa, aktivitas belajar siswa, angket penilaian siswa terhadap produk siswa lainnya dan angket tanggapan siswa terhadap model PBL, yang dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kreativitas belajar siswa berkriteria “cukup kreatif” (68,14%) dalam perencanaan dan pembuatan produk, rata-rata produk yang dihasilkan berkriteria “bernilai” (62,53%), dan rata-rata aktivitas belajar siswa berkriteria “cukup aktif” (64,89%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa “cukup kreatif” merencanakan dan membuat produk daur ulang limbah dan “cukup aktif” dalam pembelajaran menggunakan model PBL. Kata kunci :  aktivitas siswa, kreativitas siswa, model project based learning

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...