Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
Vol. 6 No. 2 (2017): Desember

KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA PEMBELAJARAN TERBALIK DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIAYAH SORONG

Zakiyah Anwar (Universitas Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2018

Abstract

ABSTRAK                 Penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen (quasi eksperimen) yang dilaksanakan di SMP Al Amin Kota Sorong.  Masalah penelitian ini adalah : (1) Seberapa besar hasilbelajar siswa pada pokok bahsan pecahan melalui metode pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching)? (2) Seberapa besar hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan melalui metode konvensional? (3) Apakah hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan dengan menggunakan metode pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional?. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Al Amin Kota Sorong. Teknik pengambilan sampel adalah claster random sampilng. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Untuk pengolahan data penelitian digunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil pengolahan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Hasil belajar untuk pokok bahasan bilangan pecahan kelas VII SMP Al Amin Kota Sorong yang diajar dengan model  pembelajaran terbalik (Reciprocal Teaching) berada dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 75,79 dari skor ideal 100 dan standar deviasi 5,64; (2) Hasil belajar matematika pokok bahasan bilangan pecahan yang diajar dengan metode konvensional berada dalam kategori rendah dengan skor rata-rata 54,87 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 10,30; (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika pokok bahasan bilangan pecahan pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajan konvensional

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jq

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan (p-ISSN: 2088-3331, e-ISSN: 2655-5603) is published by the LPPM Universitas Muhammadiyah Sorong. This journal focuses on information delivery of scientific research findings conducted by the academic community in particular internal and external of Universitas ...