JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Vol 1, No 6 (2013): JEE (jurnal Edukasi Ekobis)

STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TPS DAN DISKUSI KELOMPOK

Dewi Fatimah (Unknown)
Nurdin Nurdin (Unknown)
Darwin Bangun (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2013

Abstract

This research is aimed to determine the effectiveness of the application of Think Pair and Share learning method and Diskusi Kelompok. The method used in this study is quasi-experimental. To the hypothesis 1 and 4 using two-way analysis of variance formula and test hypothesis 2 and 3 using T-test two independent samples. Based on data analysis results: (1) There are differences in economic study result of students learning to use the method of the Think Pair and Share and Diskusi Kelompok, (2) The average result of the economic study on students who have a low prior knowledge to use the Think Pair and Share method of higher learning than the use Diskusi Kelompok, and (3) The average results of the economic study on students who have a high prior knowledge using Think Pair and Share method of higher learning than the use Diskusi Kelompok. (4) There is no interaction between the learning method with students prior knowledge on economic study result.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran Think Pair and Share dan Diskusi Kelompok. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengujian hipotesis 1 dan 4 menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan hipotesis 2 dan 3 menggunakan T-tes dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) Terdapat perbedaan antara hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan Think Pair and Share dibandingkan yang menggunakan diskusi kelompok. (2) Hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan Think Pair and Share lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan diskusi kelompok. (3) Hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan Think Pair and Share lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan diskusi kelompok. (4) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal siswa.Kata kunci: hasil, tps, dk, ka

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education

Description

JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap ...