Global Research on Tourism Development and Advancement (GARUDA)
Vol 4 No 1 (2022): Global Research on Tourism Development and Advancement (GARUDA)

Can Game Fix Reality? Analisis Serious Game sebagai Produk dalam Pemasaran Sosial

Yudo Hartono (Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada, Jl. Teknika Utara, Pogung, Sinduadi, Mlati, Sleman, D.I Yogyakarta, 55284)
John Suprihanto (Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada, Jl. Teknika Utara, Pogung, Sinduadi, Mlati, Sleman, D.I Yogyakarta, 55284)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian yang mengaitkan permainan, pemasaran sosial dan pariwisata belum terlalu banyak digali sehingga masih terbuka ruang untuk melakukan kajian terutama terkait bagaimana sebuah permainan dapat membantu meningkatkan awareness terhadap isu lingkungan yang terkait dengan konteks sustainable tourism. Tujuan penelitian ini menjelaskan proses pengembangan permainan (serious game) dari perspektif desainer sebagai sebuah produk dalam konteks pemasaran sosial. Studi ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara kepada desainer pengembang serious game dan analisis tematik untuk memetakan berdasarkan framework yang digunakan. Temuan menunjukkan bahwa upaya untuk membangun dan mengembangkan ide produk sesuai dengan atribut dapat dikembangkan pada proses penciptaan produk sosial. Serta terdapat peluang dalam menambahkan benefit pada sisi augmented product yang masih sangat terbuka luas untuk dieksplorasi. Implikasi dari penelitian ini para desainer dapat menggunakan framework ini untuk menciptakan produk dengan berorientasi pada target audience nya untuk menciptakan diferensiasi dan dapat merencanakan benefit baru diluar standar produksi game sebagai produk sosial pada umumnya untuk mencapai objektif game secara lebih optimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Garuda

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

This journal examines the phenomenon of unique interrelation between tourism activities, community development, and environmental sustainability, with the aim to find an alternative solution for sustainable tourism development, including: - Cultural and Heritage Tourism - Sustainable Tourism - ...