Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 9 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPS Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SDN Wonosari 01 Bondowoso

Yolanda Bela Niar (Universitas Jember)
Chumi Zahroul Fitriyah (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)
Dyah Ayu Puspitaningrum (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS tema 7 subtema 1 kelas IV SDN Wonosari 01 Bondowoso dengan mengimplementasikan model Problem Based Learning(PBL).Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB. Teknik penggumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Hasil uji-t dihitung dengan menggunakan SPSS versi 22, mendapatkan hasil rata-rata sebelum dan sebelum diberikan perlakuan. Rata-rata setelah diberi perlakuan IVB kelompok kelas eksperimen adalah 20.4545 dan rata-rata setelah diberi perlakuan IVA kelompok kelas kontrol adalah 8.4000. Menghitung hasil menggunakan uji-t berbantuan SPSS dan mendapatkan hasil adalah 6.377, yaitu diketahui db= (22 + 25) – 2 = 45 pada taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga nilai adalah 1.683 dan hasil uji-t adalah 6.377 1.683. Hasil uji keefektifan relatif adalah 83% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Data yang diperoleh dengan melakukan uji hipotesis pada taraf signifikan 5% atau 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu ≥ , maka pada hipotesis nihil pada () ditolak dan pada diterima yang artinya ada pengaruh positif dari penerapan model PBL terhadap hasil belajar IPS kelas IV pada tema 7 subtema 1 di SDN Wonosari 01 Bondowoso yang berarti adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan model PBL terhadap hasil belajar IPS tema 7 subtema 1 kelas IV SDN Wonosari 01 Bondowoso Kata Kunci : Berpikir Kritis. Pembelajaran Berbasis Masalah . Hasil Belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...