JKJO
Vol. 3 No. 1 (2022): TERBITAN JUNI 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP DALAM SENAM LANTAI

Sunadi Sunadi (SMP As-Salafiyah)
Anang Setiawan (STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Peranan pendidikan jasmani adalah sangat penting, yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, bermain, dan olahraga yang dilakukan secara teratur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa SMP dalam senam lantai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dan menggunakan desain one-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah 10 Siswa Kelas VII SMP As-Salafiyah Krangkeng Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Adapun teknik sampel menggunakan sampling jenuh. Sesuai dengan konsep ini menggunakan instrumen angket motivasi. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi belajar siswa SMP dalam senam lantai. Jika dilihat dari rata-rata perbandingan nilai pretest dan posttest terdapat peningkatan sehingga model TGT dapat digunakan dalam pembelajaran senam lantai dengan nilai rata-rata pretest 14,9 dan posttest 15,7.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKJO

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga adalah jurnal yang diterbitkan oleh PJKR STKIP NU Indramayu. Jurnal ini akan mempublikasi hasil penelitian tentang pendidikan jasmani dan olahraga yang sesuai dengan isu penting yang berhubungan dengan pendidikan jasmani dan olahraga yang ...