This study aimed to determine the effect of STAD and Jigsaw models in increase material mastery. The design is pretest-posttest distinguish class. The sample were class VIIIC and VIIID which selected by purposive sampling. The data in quantitative and qualitative form. Quantitative data obtained from the average of pretest, posttest and gain were analyzed using U test. Qualitative data obtained form the observatin sheet of learning activities were analyzed decriptive. The results showed that the material mastery of students Jigsaw model (gain 0,70) significantly different than the STAD model (gain 0,50). Student’s learning activity used Jigsaw model is in enough criteria ( 58,17 %) whereas the STAD model has less criteria ( 47,17 %). Thus, average material mastery and student’s learning activity used Jigsaw models is higher than student who used the STAD models in the sybject matter of Human Motion Systems.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model STAD dan Jigsaw terhadap penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian adalah tes awal tes akhir kelompok pembanding. Sampel penelitian adalah kelas VIIIC dan VIIID yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, postest dan gain yang dianalisis menggunakan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan materi oleh siswa pada model Jigsaw (gain 0,70) berbeda secara signifikan dibandingkan model STAD (gain 0,50). Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berkriteria cukup ( 58,17 %) sedangkan dengan model STAD berkriteria kurang ( 47,17 %). Dengan demikian, rata-rata penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model STAD pada materi pokok Sistem Gerak Manusia.Kata kunci : aktivitas belajar siswa, jigsaw, penguasaan materi siswa, STAD
Copyrights © 2014