Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuantitas dan kualitas kinerja pegawai melalui aplikasi e-kinerja pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Kupang. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan sebanyak 8 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data yang sudah terkumpul, kemudian dianalisis melalui teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi kuantitas, Aplikasi e-kinerja telah mendorong pegawai untuk mampu meningkatkan output pekerjaannya, Kemudian dari segi kualitas, Aplikasi e-kinerja mampu mendukung pemberian penilaian yang cermat. Kendala yang dihadapi dalam penilaian kinerja pegawai yaitu: masih terdapat pegawai yang kurang memahami cara pengisian Aplikasi e-kinerja karena adanya fitur-fitur baru yang terus berkembang, dan keterbatasan kapasitas server. Untuk mengatasi kendala tersebut, telah dilakukan bimbingan teknis sebanyak 2 kali, dan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam pengelolaan server agar tidak terjadi gangguan pada saat penginputan data kinerja yang dilakukan secara bersama-sama.
Copyrights © 2022