Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Bioterdidik

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PERTANYAAN SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DENGAN HASIL BELAJAR SISWA

Hanni Hanifah (Unknown)
Darlen Sikumbang (Unknown)
Berti Yolida (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2015

Abstract

The purpose of this research was to determine relationship between quality of questions with student learning outcomes. The design was descriptive correlational. The samples were students of class XI IPA SMA Negeri 1 Pagelaran that were selected by purposive sampling. Qualitative data was quality of student questions that compare with learning outcomes and quantitative data was learning outcomes from daily examination. The data was tested statistically by using Pearson correlation test (Product Moment). The results showed there was no correlation between quality of students questions and learning outcomes with equal to -0.078. No correlation between quality of student questions and student learning outcomes might caused by the difficulty of the reproductive system subject matter which must be explored specificly, and unsuitable of speech learning method.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kualitas pertanyaan dengan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pagelaran. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu kualitas pertanyaan siswa yang dibandingkan dengan hasil belajar siswa dan data kuantitatif yaitu nilai hasil belajar yang diperoleh dari nilai ulangan harian. Data yang telah diperoleh diuji statistik menggunakan uji korelasi Pearson (Product Moment). Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada korelasi antara kualitas pertanyaan siswa dengan hasil belajar siswa yaitu sebesar -0,078. Tidak adanya hubungan antara kualitas pertanyaan siswa dengan hasil belajar siswa diduga disebabkan oleh sulitnya materi sistem reproduksi yang harus digali secara spesifik, serta kurang tepatnya penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran.Kata kunci: hasil belajar, pertanyaan siswa, taksonomi Bloom

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...