Relevan
Vol 2 No 3 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PERBEDAAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MMP DAN PBL

Sonya Winanda (UIN SUMATERA UTARA MEDAN)
Sajaratud Dur (UIN SUMATERA UTARA)
Siti Maysarah (UIN SUMATERA UTARA)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) dan Problem Based Learning di kelas XI SMA Gema Buwana Desa Sei Rotan, Kec Percut Sei Tuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA Gema Buwana, tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 40 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: (1) Terdapat Perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MMP dan Problem Based Learning di kelas XI SMA Gema Buwana dengan diperoleh nilai Fhitung = 6,305 dan nilai pada  pada taraf (∝ =0,05)=4,098 yang menyatakan bahwa f hitung>f tabel (2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MMP dan Problem Based Learning di kelas XI SMA Gema Buwana dengan diperoleh nilai f hitung= 0,149 dan nilai pada f tabel pada taraf (∝=0,05)=4,098 yang menyatakan bahwa f hitung < f tabel Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan berfikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih sesuai diajarkan dengan model pembelajaran MMP dan Problem Based Learning   ABSTRACK                            This study aims to determine the differences in critical thinking skills and mathematical problem solving abilities of students who are taught using the MMP (Missouri Mathematics Project) learning model and Problem Based Learning in class XI SMA Gema Buwana Sei Rotan Village, Percut Sei Tuan District. This research is a quantitative research, with the type of experimental research. The population is all students of class XI SMA Gema Buwana, academic year 2021/2022, totaling 40 students. Data analysis was performed by analysis of variance (ANOVA). These findings indicate: (1) There are differences in the critical thinking abilities of students who are taught using the MMP and Problem Based Learning learning models in class XI SMA Gema Buwana with the obtained value of Fcount = 6.305 and the value of the Ftable at the level (∝ = 0.05) = 4.098 which means that Fcount>Ftable. (2) There is no difference in the mathematical problem solving ability of students who are taught using the MMP and Problem Based Learning learning models in class XI SMA Gema Buwana with the obtained Fcount = 0.149 and the value in the F_table is at level (∝=0.05) =4,098 which states that Fcount<Ftable. The conclusion of this study explains that students' critical thinking skills and mathematical problem solving abilities are more suitable to be taught using the MMP and Problem Based Learning learning models.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika dengan p-ISSN : 2808-8832 dan e-ISSN : 2808-8670. Jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang Pendidikan Matematika, Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan ...