Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
VOL 6, NO 2 (2019): JULI

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL BRAINWRITING BERBANTUAN MEDIA KOMIK

Irawati Irawati (SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Riau)
Dadang Anshori (Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)
Sumiyadi Sumiyadi (Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2019

Abstract

Menulis cerita fantasi sulit dikuasai karena dalam menulis teks ini diperlukan kreativitas siswa dalam menceritakan alur cerita secara kreatif. Motivasi siswa perlu terus dikembangkan sehingga mereka terstimulasi untuk menghasilkan ide-ide kreatif saat menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas siswa dalam menulis cerita fantasi melalui penerapan model Brainwriting yang dibantu oleh media komik non-teks untuk. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tujuh dengan total 30 siswa. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran model brainwriting berbasis pengembangan kreatifitas berbantuan media komik telah dilaksanakan dengan baik oleh guru. Analisis kemampuan menulis cerita fantasi siswa secara umum mencapai kategori mampu, dengan capaian pada setiap aspek adalah sangat mampu pada aspek struktur dengan indeks penilaian 87,80. Pada aspek kebahasaan penguasaan menulis mencapai kategori mampu dengan indeks penilaian 74,30, dan pada aspek ciri umum berkategori mampu dengan rata-rata pencapaian 79,20. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model brainwriting berbantuan media komik dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam menulis cerita fantasi. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edusentris

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance ...