Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman
Vol 8, No 1 (2022): June

KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING

Amallia Putri (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura)
Siti Khotimah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Pada hakikatnya tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab dan dampak kesulitan belajar yang dialami siswa selama proses pembelajaran daring. Adapun metode penelitian yang dipilih berupa deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan sumber data penelitian merupakan tiga siswa kelas X Madrasah Aliyah Islamiyah Pontianak yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Metode yang dipilih berupa studi kasus intrinsik dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat dua faktor penyebab kesulitan belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya motivasi siswa, rasa bosan, dan kurangnya persiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Faktor eksternal berupa terbatasnya kuota internet yang dimiliki. Dampak dari kesulitan belajar antara lain tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, terlambat mengumpulkan tugas bahkan tidak tugas. Dengan demikian, motivasi siswa menjadi aspek terpenting bagi keberhasilan proses pembelajaran daring. Kurangnya motivasi menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar yang berdampak negatif bagi siswa.__________________________________________________________________ In essence, the purpose of this research is to find out the causes and impacts of difficulties experience by students durng the online learning process. The research methode was was chosen is desriptive with a qualitative approach. Informan of research data sources were are three students of class X Madrasah Aliyah Islamiyah Pontianak which were determined through purposive sampling technique. The method used is an intrinsic case study, with data collection techniques including in-depth interviews, observation and documentation studies. The data analysis technique uses an interactive model consisting of stages of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that there are two factors that cause learning difficulties, namely internal factors and external factors. Internal factors include lack of student motivation, boredom, and lack of student preparation in participating in online learning. External factors in the form of limited internet quota owned. The impact of learning difficulties include not being able to achieve the expected learning objectives, being late in submitting assignments and not even completing assignments. Thus, student motivation becomes the most important aspect for the success of the online learning process. Lack of motivation causes students to experience difficulties in learning which has a negative impact on students.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BKA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Jurnal ini terbit sebanyak dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan penelitian dan artikel ...