Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lasalepa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lasalepa, tahun ajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam 5 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini meliputi kelas VII1, kelas VII2, dan kelas VII3, Sehingga jumlah sampel secara keseluruhan adalah sebanyak 66 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen yang berupa angket kecerdasan emosional dan dokumen hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lasalepa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwakecerdasan emosional siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lasalepa berada pada kategori sedang, hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lasalepa berada pada kategori sedang, dan terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa
Copyrights © 2022