Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 10, No 1 (2022)

PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 14 KENDARI DITINJAU DARI PERBEDAAN RESPON TERHADAP E-LEARNING BERBASIS WHATSAPP

Syarifuddin Syarifuddin (Unknown)
Kadir Kadir (Unknown)
La Ode Ahmad Jazuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari ditinjau dari perbedaan respon mereka terhadap e-learning berbasis whatsapp. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi ke dalam 5 kelas parallel dengan total siswa 149 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling, yaitu mengambil enam orang siswa secara acak dari setiap kelas sehingga diproleh 30 atau 20,13% siswa sebagai sampel penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa angket tentang respon siswa terhadap e-learning berbasis whatsapp dan tes berbentuk essay untuk mengukur pemahaman konsep matematis siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis ditinjau dari respon peserta didik terhadap e-learning berbasis whatsapp.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...