Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol 7, No 2 (2022)

PRAKTIKALITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT-ISPRING TERINTEGRASI PERTANYAAN PROMPTING PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

Shindy Silvianti (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Padang)
Guspatni Guspatni (Dosen Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat praktikalitas dari penggunaan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi titrasi asam basa di dalam proses pembelajaran kimia kelas XI SMA Negeri 1 Lintau. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D). Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru kimia dan 15 orang siswa yang telah belajar titrasi asam basa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket praktikalitas yang telah divalidasi oleh ahli. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif  memakai rumus persentase praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis respon guru, tingkat praktikalitas media  tergolong sangat praktis dengan nilai 87 %, sedangkan berdasarkan analisis respons siswa, tingkat praktikalitas media pembelajaran ini juga sangat praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi titrasi asam basa sangat praktis digunakan guru dan siswa didalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...