Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol 7, No 2 (2022)

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT-ISPRING TERINTEGRASI PERTANYAAN PROMPTING PADA SUBMATERI PERGESERAN KESETIMBANGAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA/MA

Refni Oktavia (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Padang)
Guspatni Guspatni (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang, Padang)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada submateri pergeseran  kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar siswa SMA/MA. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa jurusan IPA kelas XI di SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan dua kelas dengan teknik pengambilan sampel  purposive sampling. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar dengan jenis soal pilihan ganda, data dianalisis dengan uji n-gain dan uji hipotesis dengan uji Mann Whitney (U test) menggunakan SPSS. Hasil penelitian kelas eksperimen dengan nilai n-gain kategori tinggi dan kelas kontrol kategori sedang. Hasi uji hipotesis yang didapatkan Asymp sig. (2-tailed) 0,000. Analisis data tersebut menyimpulkan hipotesis diterima yang artinya media PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada submateri pergeseran  kesetimbangan kimia efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA/MA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...