JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik

Elinda Rizkasari (Universitas Slamet Riyadi Surakarta)
Ifa Hanifa Rahman (Universitas Slamet Riyadi Surakarta)
Prima Trisna Aji (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2022

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang belum diterapkan dengan baik berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran dan kreativitas peserta didik, sehingga diperlukan model pembelajaran yang efektif sesuai dengan kebutuhan pembelajaran abad 21. Salah satu model pembelajaran yang sesuai yakni model pembelajaran berbasis proyek. Model ini merupakan pendekatan pengajaran yang dibangun di atas kegiatan belajar dan tugas nyata yang memberikan tantangan kepada siswa terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok. Sebagai pendidik, guru harus mampu menerapkan model pembelajaran dengan baik kepada peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar dan kreativitas peserta didik dengan menerapkan model Project Based Learning. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus, data diperoleh dari model observasi, tes, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...