JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pola Asuh Orang Tua Buruh Migran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak pada Mata Pelajaran IPS

Sundus Nuril Firdausi (Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Islam Zainul Hasan)
Abdul Aziz (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Zainul Hasan)
Fika Anjana (Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Islam Zainul Hasan)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua buruh migran dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Wawancara dilakukan kepada 4 siswa dengan orang tua buruh migran di SMP Islam Miftahul Ulum Krejengan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pola asuh demokratif kepada anak buruh migran dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga mereka fokus belajar dan memiliki motivasi belajar IPS yang tinggi. Sedangkan penggunaan pola asuh permisif pada anak buruh migran dengan pengawasan yang masih rendah menyebabkan anak masih sering bermalas-malasan untuk belajar. Hal ini dapat dikatakan motivasi belajar mereka masih berada dalam kategori sedang. Hasil penelitian ini, diharapkan orang tua asuh memberikan pengawasan kepada anak buruh migran dengan menggunakan pola asuh demokratif untuk meningkatkan motivasi belajar anak agar mereka juga lebih fokus belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...