Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 5 No. 2 (2022): Agustus

Game Edukasi Robot Petualang Nusantara: Meningkatkan Literasi Budaya

I Gede Wahyu Praharsiana Murti (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
Dewa Ayu Puteri Handayani (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Rendahnya literasi budaya yang terjadi di Indonesia dibuktikan dengan banyaknya kasus diskriminasi dan sara yang terjadi di masyarakat. Beberapa alasan penyebab literasi budaya pada siswa yang rendah yaitu belum adanya sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan game edukasi robot petualang Nusantara untuk meningkatkan literasi budaya. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan model ADDIE. Subjek pengembangan dalam penelitian ini adalah game edukasi robot petualang Nusantara, sedangkan objek pengembangannya adalah validitas, respon pengguna, dan keefektifan produk. Subjek uji coba produk yaitu 2 ahli, 2 praktisi, dan 19 siswa kelas IV SD. Populasi dalam penelitian berjumlah adalah 19 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga jumlah sampel yaitu 19 siswa. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan lembar rating scale. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil analisis data yaitu validitas isi media memperoleh skor sebesar 0,98 (sangat valid), respon guru yaitu 100% (sangat valid), dan respon siswa yaitu 96,05%, (sangat valid). Hasil analisis efektivitas memperoleh hasil 0,000 < 0,05, sehingga game edukasi robot petualang nusantara layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan literasi budaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...