Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika selama pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 di kelas XI TKJ 1 SMKN 7 Majene. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKJ 1 SMKN 7 Majene Tahun ajaran 2020/2021. Data penelitian dikumpulkan melalui angket, dokumentasi, dan wawancara. Data penelitian ini dianalisis dengan menghitung besar presentase hasil angket pada siswa kelas XI TKJ 1 SMKN 7 Majene. Analisis data untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 secara mendalam adalah dengan analisis hasil wawancara. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu presentase kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 kelas XI TKJ 1 SMKN 7 Majene yaitu Gangguan belajar (Learning disorder) 66% (sangat tinggi), Ketidakmampuan belajar (Learning disability) 56% (tinggi), Gangguan fungsi belajar (Learning disfunction) 41% (sedang), Pemahaman belajar rendah (Slowly learner) 65% (sangat tinggi), Keinginan belajar rendah (Under achiever) 53% (tinggi). Persentase faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 kelas XI TKJ 1 SMKN 7 Majene yaitu kognitif 72% (sangat tinggi), afektif 53% (tinggi), psikomotorik 51% (tinggi), lingkungan keluarga 53% (tinggi), lingkungan sekolah 51% (tinggi), lingkungan masyarakat 43% (sedang).
Copyrights © 2022