Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 8 No 2 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya.

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT)

Muhammad Asri (SMAN 2 Makassar)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamaent. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Makassar tahun ajaran 2019-2020 sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap pembelajarn Kooperatif Tipe Teams Games Tournamaent. Hasil yang diperoleh analisis deskriptif kulaitatif dan deskriptif kuantitatif adalah sebagai berikut: Keaktifan siswa dalam kerja kelompok; keaktifan siswa dalam mengerjakan soal-soal secara berkelompok; keaktifan siswa dalam game yang diberikan serta keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas rumah yang diberikan. Dari skor hasil belajar siswa terlihat ada peningkatan, yaitu: skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I adalah 64,61 dari skor ideal yang mungkin dicapai 100 dengan standar deviasi 10,40. Setelah diadakan perbaikan pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mencapai 75,97 dari skor ideal yang mungkin dicapai 100 dengan standar deviasi 8,46. Dari keterangan pada data hasil penelitian di atas mengindikasikan bahwa dengan menerapkan metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournamaent terjadi peningkatan hasil belajar Matematika kelas XI MIPA MIPA 5 SMA Negeri 2 Makassar.

Copyrights © 2022