Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Modul Menulis Teks Biografi Bermuatan Nilai Nasionalisme Untuk Peserta Didik SMA Kelas X Di SMA Negeri 1 Membalong

Mel Siska Rudianti (Universitas PGRI Palembang)
Missriani Missriani (Universitas PGRI Palembang)
Darwin Effendi (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Tujuan dari peneliti mengembangkan modul pembelajaran pelajaran bahasa Indonesia dalam materi teks biografi dengan muatan nilai nasionalisme di SMA Negeri 1 Membalong adalah untuk mengembangkan sumber belajar yang baru dan tidak bosan dalam belajar. Metode penelitian yang dipakai adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan langkah-langkah pengembangan dari Sugiyono. Penilaian terdiri dari tiga aspek yaitu aspek isi materi, aspek media, dan aspek bahasa. Hasil validasi yang dilakukan oleh ketiga ahli a) ahli materi didapatkan nilai 88,60% dengan keterangan Sangat baik. b) ahli media didapatkan nilai 94,20% dengan keterangan Sangat Baik. c) ahli bahasa didapatkan nilai 95,80% dengan keterangan Sangat Baik. Juga dilakukan dua uji coba, uji coba kelompok kecil berjumlah 10 siswa dan uji coba kelompok besar berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket/kuisioner. Analisis data dilakukan dengan analisis persentase. Hasil dari penelitian adalah a) uji kelompok kecil rata-rata sebesar 95,60% dengan keterangan Sangat Baik dan uji coba kelompok besar rata-rata sebesar 91% dengan keterangan Sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...