JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua
Vol. 3 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Untuk Semua, April 2019

ANALISIS POLA ASUH GRANDPARENTING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI TK DHARMA WANITA DI DESA DROKILO KECAMATAN KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO

Ishvi Oktavenia Eriyanti (Universitas Negeri Surabaya)
Heryanto Susilo (Universitas Negeri Surabaya)
Yatim Riyanto (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2019

Abstract

Grandparenting merupakan pengasuhan anak yang dilakukan oleh kakek dan nenek. Pengasuhan anak menjadi tanggungjawab kedua orangtuanya, namun karena beberapa faktor tanggungjawab tersebut dialihkan kepada keluarga yang lebih luas. grandparenting membentuk karakter anak dengan pengasuhan grandparenting dengan itu anak lebih memiliki karakter yang baik dan sama pada umumnya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang digunakan kakek dan nenek dalam pembentukan karakter anak di TK Dharma Wanita I Drokilo. Dalam pola asuh yang dilakukan oleh kakek nenek menerapkan 3 indikator dalam metode penelitian yakni 1). Mengasuh dengan memberikan pujian, 2). Mengasuh dengan memberikan nasihat, 3). Mengasuh dengan memberikan hukuman. Kemudian dalam pengasuhan di terapkan Pendidikan karakter anak yakni 1). Keagamaan 2). Kemandirian 3). Kedisiplinan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua acommodate ideas, concept, and results of the research about Non Formal Education to be pulished, such as : 1. NFE programme : equality, citizen vocation, empowerment, elucidation, literacy, and social tuition. 2. NFE unit : Community Learning Center, courses, ...