JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua
Vol. 5 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Untuk Semua, April 2021

MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI UPT SKB CERME GRESIK

Tri laksito (Unknown)
Rivo Nugroho (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2021

Abstract

Sebagai bentuk usaha dan upaya untuk menciptakan semangat maupun motivasi belajar dari peserta didik, diperlukan adanya suatu inovasi dalam pembelajaran agar peserta didik nantinya dapat mempunyai motivasi belajar yang maksimal. Oleh karenanya, dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi yang terus tumbuh dan berkembang. Inovasi tersebut adalah digunakannya metode pembelajaran berbasis online atau daring. Adanya penelitian ini adalah sebagai tujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik pada program pendidikan kesetaraan Paket B di UPT SKB Cerme Gresik. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif, sampel pada penelitian sebanyak 30 peserta didik dari paket B UPT SKB Cerme Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Sedangkan uji validitas dipilih dengan menggunakan korelasi product moment, hal ini disebabkan penelitian hanya untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil uji penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik pada program pendidikan kesetaraan paket B di UPT SKB Cerme Gresik. Bersumber pada nilai r hitung menampilkan angka sebesar 0,569 lebih besar dibanding nilai dari r tabel yang sebesar 0,361. Dengan demikian dapat dikatakan kedua variabel tersebut mempunyai hubungan ataupun korelasi yang berkategorikan sedang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua acommodate ideas, concept, and results of the research about Non Formal Education to be pulished, such as : 1. NFE programme : equality, citizen vocation, empowerment, elucidation, literacy, and social tuition. 2. NFE unit : Community Learning Center, courses, ...