Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 8, No 1 (2022): SERUNAI : JURNAL ILMIAH DAN ILMU PENDIDIKAN

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA

Ice Wirevenska (Unknown)
dewi rulia (STKIP BUDIDAYA BINJAI)
Khairina Afni (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran think talk write lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung pada pokok bahasan aproksimasi di kelas X SMK Swasta Setia Budi Binjai. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X TSM SMK Setia Budi Binjai. Sedangkan sampel terdiri dari 2 kelas, kelas X TSM-2 kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan kelas X TSM-1 kelas kontrol berjumlah 22 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretest dan postest, Sebelum pengujian hipótesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitastes. Dari analisa data postest kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan uji-t pada taraf a = 0,05 diperoleh thitung> ttabel, yaitu 7,144 > 1,681 sehingga untuk kedua uji hipotesis H0 ditolak dan Ha ­diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran think talk write lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...