Abstrak_ Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran strategi perancangan untuk menghidupkan kembali Kawasan Benteng Somba Opu yang merupakan salah satu kawasan bersejarah di Sulawesi Selatan. Kawasan bersejarah saat ini perlu dijaga dan dipelihara dengan baik supaya tetap bertahan sebagai bukti peradaban. Upaya revitalisasi menjadi solusi yang sesuai untuk mengembalikan eksistensi kawasan, khususnya dari masalah atribut jalan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threats) untuk menghasilkan rumusan strategi desain yang sesuai dengan kondisi fisik dan non fisik Kawasan Benteng Somba Opu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang sesuai untuk desain atribut jalan di Kawasan Benteng Somba Opu adalah pemasangan desain atribut jalan seperti lampu jalan, tempat sampah, dan tempat duduk/peristirahatan yang menjadikan tempat wisata menjadi lebih nyaman dan aman dan sebagai nilai tambah dalam peningkatan jumlah pengunjung.Kata kunci: Atribut jalan; Metode SWOT; Revitalisasi; Wisata sejarah; Strategi perancangan Abstract _ This study aims to provide an overview of the design strategy to revive the Somba Opu Fortress area, which is one of the historical areas in South Sulawesi. Historical areas today need to be well preserved and preserved in order to survive as evidence of civilization. Revitalization efforts are a suitable solution to restore the existence of the area, especially from the problem of street attributes. This study uses the SWOT analysis method (strengths, weaknesses, opportunities, threats) to produce a design strategy formulation that is suitable for the physical and non-physical conditions of the Somba Opu Fortress area. The results show that an appropriate strategy for the design of street attributes in the Somba Opu Fortress area is the installation designs of street lights, trash cans, and resting places which make tourist attractions more comfortable and safe, and as an added value in increasing the number of visitors.Keywords: Street attribute; SWOT method; Revitalization; Historical tourism; Design strategy
Copyrights © 2020