Jurnal MathEducation Nusantara
Vol 5, No 1 (2022): January 2022

Penerapan Metode Buzz Group Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi di SMP Negeri 6 Pagaralam

Novi Susanti (STKIP Muhammadiyah Pagaralam)
Neni Lismareni (STKIP Muhammadiyah Pagaralam)
Ria Erviana (STKIP Muhammadiyah Pagaralam)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa selama diterapkan metode Buzz Group dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Buzz Group pada materi fungsi di kelas VIII SMP Negeri 6 Pagaralam. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu kategori one-shot case study. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes kemudian data dianalisis secara deskriptif. Setelah diadakan penelitian didapat rata-rata hasil belajar siswa adalah dalam kategori baik. Jadi, dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode diskusi buzz group memberikan pengaruh yang positif. Karena. Metode buzz group kreatifitas siswa dapat tersalurkan. Selain itu, siswa dapat belajar bersosialisasi dengan orang lain dan saling berbagi ilmu yang dimiliki. Dengan menggunakan metode buzz group motivasi siswa untuk belajar menjadi lebih besar dan lebih baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMN

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini ...