JSEP (Journal of Science Education and Practice)
Vol 3, No 1 (2019): June 2019

PEMANFAATAN E-BOOK KONSEP ASAM BASA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA SISWA SMA KELAS XI

Rd. Nia Elisa Yulianti (Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Pakuan)
Anna Permanasari (Departemen Pendidikan IPA, UPi, Bandung)
Leny Heliawati (Pendidikan IPA, Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pemanfaatan e-book dalam meningkatkan literasi kimia siswa pada materi asam basa. Dalam penelitian ini digunakan metode pre-eksperimen dengan pre-post test design, disertai dengan analisis deskriptif tentang literasi sains siswa dikaitkan dengan penggunaan e-book sebagai bahan ajar. Subyek penelitian terdiri dari 38 siswa kelas XI dari satu SMA di daerah Bogor, Jawa Barat, dan 3 guru kimia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes literasi dan angket respon siswa serta guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-book asam basa dapat meningkatkan minat siswa yang dibuktikan dari hasil tanggapan siswa. Hampir semua siswa menyatakan sangat menyenangi e-book, dan merasakan manfaatnya dalam belajar asam-basa, Guru juga memberikan respon yang sangat baik, 87% guru menyatakan bahwa e-book asam-basa sangat memudahkan guru dalam pembelajaran sebagai sumber belajar alternatif. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa pemanfaatan e-book dapat meingkatkan literasi sains siswa, dengan peningkatan (Ngain) sebesar 40,2% (kategori sedang).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jsep

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

JSEP (Journal Science and Education Practice) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science ...