JSEP (Journal of Science Education and Practice)
Vol 3, No 2 (2019): December 2019

PENGGUNAAN PENDEKATAN WRITING TO TEACH YANG DIMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI CALON GURU KIMIA

Dewi Nurdiyanti (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Jl. Tuparev No. 70, Cirebon, Indonesia)
Anna Permanasari (Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setia Budhi No. 229, Bandung, Indonesia)
Sri Mulyani (Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setia Budhi No. 229, Bandung, Indonesia)
Hernani Hernani (Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setia Budhi No. 229, Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2019

Abstract

Keterampilan berargumentasi adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh mahasiswa untuk mendukung keterampilan berpikir kritis yang merupakan salah satu keterampilan abad 21. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi mahasiswa calon guru kimia pada materi elektrokimia melalui perkuliahan kimia sekolah menggunakan pendekatan writing to teach (WtT) yang dimodifikasi. Penelitian melibatkan 20 orang mahasiswa calon guru kimia semester 5. Data keterampilan berargumentasi diperoleh melalui tes keterampilan berargumentasi sebelum dan sesudah pembelajaran. Data respon mahasiswa terhadap penggunaan pendekatan WtT yang dimodifikasi diperoleh melalui wawancara. Data dianalisis menggunakan uji N-gain untuk menilhat peningkatan keterampilan berargumentasi dan uji t untuk melihat perbedaan keterampilan berargumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berargumentasi mahasiswa meningkat dan mahasiswa menyatakan bahwa kegiatan-kegiatan dalam pendekatan WtT yang dimodifikasi dapat membantu meningkatkan keterampilan berargumentasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jsep

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

JSEP (Journal Science and Education Practice) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science ...