JSEP (Journal of Science Education and Practice)
Vol 2, No 1 (2018): Juni 2018

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK PADA MATERI ENERGI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

Fanny Nadia Hardjo (Unknown)
Anna Permanasari (Unknown)
Irvan Permana (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis proyek yang dapat meningkatkan literasi sains siswa pada materi energi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan atau Research and Development (RD) dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli yang digunakan untuk memvalidasi bahan ajar oleh ahli dan guru IPA (5 ahli), soal keterbacaan bahan ajar (100 partisipan siswa), lembar angket untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap bahan ajar. Untuk mengetahui dampak bahan ajar terhadap literasi sains siswa dilakukan tes pilihan ganda berbasis literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembuatan modul melalui beberapa tahap yaitu analisis kebutuhan, desain dan pengembangan, implementasi, evaluasi 2) hasil validasi pada komponen kelayakan isi, kelayakan penyajian dan kelayakan bahasa rata-ratanya 88% (sangat baik) dan hasil validasi oleh 2 guru IPA  memperoleh nilai rata-rata 95% (sangat baik) 3) bahan ajar berbasis proyek dapat meningkatkan minat siswa dibuktikan dengan hasil tanggapan siswa memperoleh nilai 90% (sangat baik) dan dapat memudahkan guru dalam pembelajaran dibuktikan dengan rata-rata tanggapan guru 86% (sangat baik) 4) pengembangan bahan ajar berbasis proyek pada materi energi dapat meningkatkan literasi sains siswa pada materi energi ditunjukan dengan hasil pretest sebesar 54, rata-rata posttest sebesar 69 dan N-gain 0,43 (sedang). Kata Kunci: Bahan Ajar, Modul Project Based Learning, Literasi Sains

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jsep

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

JSEP (Journal Science and Education Practice) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science ...