JSEP (Journal of Science Education and Practice)
Vol 4, No 1 (2020): June 2020

EFEVTIFITAS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Tini Sulastri Sihombing (SMPK BPK PENABUR Serang Jl. Diponegoro No.4 Kecamatan Serang, Kota 41121)
Surti Kurniasih (Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143 Jawa Barat Indonesia)
Rita Retnowati (Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan Jl. Pakuan PO Box 452 Bogor 16143 Jawa Barat Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Problem Based Learning dengan mind mapping terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi bioteknologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas IX yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu, eksperimen dan kontrol.  Instrumen yang digunakan yaitu tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning dengan menggunakan mind mapping dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang hanya mendapatkan pmbelajaran dengan model Problem Based Learning.  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsep

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

JSEP (Journal Science and Education Practice) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science ...