JSEP (Journal of Science Education and Practice)
Vol 2, No 2 (2018): Desember 2018

REKONSTRUKSI BAHAN AJAR BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN TEKONOLOGI SISWA PADA KONSEP KEMAGNETAN

Rusyati Rusyati (Prodi Pendidikan IPA, Universitas Pakuan)
Anna Permanasari (Departemen Pendidikan IPA, UPI, Bandung)
Didit Ardianto (Prodi Pendidikan IPs. Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar IPA  dengan tema  kontekstual agar siswa menguasai sejumlah keterampilan abad 21. Aktivitas utama dari penelitian ini adalah merekonstruksi struktur konten pengetahuan tentang teknologi, menjadi struktur konten untuk pembelajaran dengan memperhatikan kurikulum dan perkembangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar IPA berbasis STEM untuk meningkatkan Literasi sains dan teknologi pada konsep kemagnetan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model prosedural yang diadaptasi dari model of education reconstruction (MER). Bahan ajar yang dihasilkan divalidasi oleh ahli untuk mengumpulkan informasi berkaitan dengan keakuratan konten dan kelayakan bahan ajar. Penilaian bahan ajar meliputi aspek materi, penyajian, dan  Bahasa serta keterbacaan. Berdasarkan  poin penilaian tersebut, diperoleh CVR rata-rata  untuk bahan ajar berbasis STEM adalah 0,82, CVIh CVIt (0.84 0.42). Nilai ini menandakan bahwa bahan ajar berbasis STEM yang dikembangkan layak digunakan. Rekonstruksi bahan ajar berbasis STEM dengan tema teknologi magnet dapat meningkatkan literasi sains dan teknologi ditunjukkan dengan rata rata hasil pretest sebesar 18,9%  dan rata rata hasil post test 52,5%, dan % N-gain 41,47 % termasuk katagori sedang. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jsep

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

JSEP (Journal Science and Education Practice) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science ...