JSEP (Journal of Science Education and Practice)
Vol 3, No 2 (2019): December 2019

MEMBANGUN KETERAMPILAN ARGUMENTASI MAHASISWA MELALUIMODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTATION REAL-WORLD INQUIRY

Desti Herawati (Pendidikan Biologi FKIP, Universitas Pakuan)
Rita Istiana (Pendidikan Biologi FKIP, Universitas Pakuan)
Didit Ardianto (Pendidikan IPA Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RD) yang bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Argumentation Real-World Inquiry. Sebuah model pembelajaran yang dirancang dengan adanya sesi argumentasi disetiap tahapannya untuk melatih mahasiswa berargumen tentang isu-isu sosiosaintifik. Penelitian RD yang dilaksanakan tersusun atas 3 tahapan, yang meliputi Tahap 1 (Perancangan model dan instrumen), Tahap II (Pre-Eksperimen), dan Tahap III (Implementasi Model). Artikel ini mengkaji tentang keterampilan argumentasi mahasiswa yang melaksanakan perkuliahan dengan model Argumentation Real-World Inquiry pada tahap pre-eskperimen. Pre-eksperimen dilaksanakan dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Subjek penelitian melibatkan mahasiswa calon guru biologi semester 2 yang mengontrak mata kuliah Pengetahuan Lingkungan. Keterampilan argumentasi mahasiswa dijaring melalui instrumen esai yang mengandung konteks isu sosiosaintifik lingkungan. Hasil penelitian pada tahap uji coba menunjukkan bahwa model pembelajaran Argumentation Real-World Inquiry memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan argumentasinya terhadap isu-isu sosiosaintifik lingkungan, sehingga kualitas argumentasi mahasiswa pun meningkat setelah melaksanakan perkuliahan dengan Argumentation Real-World Inquiry. Dalam pelaksanaan model ini, dosen memiliki penting dalam mengarahkan mahasiswa untuk berargumentasi terhadap isu-isu sosiosaintifik lingkungan. Kebiasaan berargumentasi dalam proses perkuliahan dapat dibangun melalui model pembelajaran yang menekankan mahasiswanya untuk menanggapi isu, mengajukan argumen, serta mencari bukti-bukti pendukung yang valid dan relevan untuk mendukung argumennya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jsep

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

JSEP (Journal Science and Education Practice) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science ...