Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Peningkatan hasil belajar matematika menggunakan metode demonstrasi di kelas II SDN Karanganyar I Kabupaten Pasuruan

Ruhimatul Lailiyah (Universitas Trunojoyo Madura)
Agung Setyawan (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Karanganyar I Kabupaten Pasuruan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang mana dalam satu siklus dilaksanakan selama satu hari. Dalam setiap siklus terdapat tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data ada tiga aktivitas, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi data (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I tahap pre-test, yang mencapai ketuntasan hanya 11 siswa (37,93%) dan yang tidak tuntas ada 18 siswa (62,06%). Pada siklus I tahap post-test, yang mencapai ketuntasan sebanyak 14 siswa (48,27%) dan yang tidak tuntas sebanyak 15 siswa (51,72%). Pada tahap siklus II, yang mencapai ketuntasan hampir semua siswa, yaitu 28 siswa (96,55%) dan yang tidak tuntas hanya ada 1 siswa saja (3,44%). Berdasarkan hasil penelitian, metode demonstrasi ini dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa, serta meningkatkan antusiasme dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educenter

Publisher

Subject

Education

Description

Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, mencakup bidang penelitian pendidikan dalam proses belajar mengajar, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan ...