Turbocharger merupakan kompresor sentrifugal digerakan oleh turbin yang diputar oleh asap gas buang kendaraan. Turbocharger diaplikasikan pada pembakaran dalam tekanan tinggi seperti mesi diesel untuk meningkatkan energi output dan efisiensi mesin. Pemasangan turbocharger dapat dilakukan pada kendaraan roda 2 pada kapasitas dan dimensi ruang bakar yang lebih besar. Literasi tentang pemanfaatan turbocharger pada kendaraan roda dua seperti motor sangat jarang ditemui dan sulit untuk mengetahui pengaruh penggunaan turbocharger pada sepeda motor. Pada sepeda motor udara intake yang panas dan memiliki tekanan tinggi dapat menimbulkan knocking pada pembakaran mengalami knocking. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh perubahan ukuran diameter pada sudu kompresor terhadap sepeda motor CB150R. Penelitian ini meninjau perunaham performa daya dan torsi pada sepeda motor. Perubahan diameter kompressor turbocharger berpengaruh terhadap emisi, daya dan torsi yang dihasilkan sepeda motor, dari pengujian yang dilakukan didapat hasil motor yang menggunakan turbocharger dengan ukuran kompresor standart lebih tinggi HP dan Torsinya dari motor standar tanpa turbocharger. Pemasangan turbocharger pada sepeda menghasilkan performa yang bagus namun harus dilakukan penyesuaian spesifikasi kendaraan dan jenis turbocharger yang diaplikasikan.
Copyrights © 2021