Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora
Vol. 1 No. 2: Desember 2021

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL; IMPLIKASINYA TERHADAP EMPAT PILAR PENDIDIKAN UNESCO

Asrianti (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu)
Nirmayanti (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah tidak tersedianya bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal yang dapat mengimplikasikan pembelajaran UNESCO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadapbahan ajar berupa modul berbasis kearifan lokal kembangkan dengan pilar pendidikan UNESCOpada materi teks deskripsi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Palu dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa yang terdiri atas 22 orang siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi (lembar validasi ahli) dan lembar angket siswa. Hasil penelitian validasi bahan ajar sebesar 84,5% dengan kriteria sangat baik dan ahli media dengan nilai 83,75% (kriteria sangat baik. Hasil uji coba produk pada kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 97,33% dengan kategori sangat baik dan hasil uji coba produk pada kelompok besar memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Modul pembelajaran berbasis kearifan lokal yang mengimpilikasikan empat pilar pendidikan UNESCO pada materi teks deskripsi layak untuk digunakan sebagai bahan ajar di SMP Negeri 12 Palu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPDSH

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Educational and social ...