Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora
Vol. 1 No. 3: Januari 2022

SOLUSI RADIKAL DALAM MENGATASI KRISIS PENDIDIKAN DIMASA PANDEMI

Muhammadon Daeng Husen (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Mahdi Fakfake)
Muhammad Yusuf (Sekolah Tinggi Agama Islam DDI Kota Makassar)
Mawaddah Hajir (SD Negeri Garuda Mariso)
Nanda Saputra (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis solusi radikal dalam mengatasi pendidikan dimasa pandemik. Tulisan ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan penelitian pustaka. Adapun hasil penelusuran peneliti bahwa, di masa pandemi, pemerintah menetapkan kebijakan membuat kebijakan yang dikenal dengan protokol kesehatan dalam rangka mengatur kegiatan masyarakat agar terhindar dari atau memutus penyebaran wabah penyakit termasuk mengatur pelaksanaan kegiatan pendidikan. Dalam kaitan pelaksanaan pendidikan di masa pandemic ditempuh melalui sistem konvesional misalnya pertemuan tatap muka secara terbatas dan melalui sistem online dengan memanfaatkan dan mengoptimakan media teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kemudian pelaksanaannya menggunakan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran dengan menggunakan jaringan internet sehingga dapat memhubungkan peserta didik dengan pendidik diluar institusi pendidikan (sekolah) dan mengoptimalkan aplikasi zoom meeting, google meeting, whatsapp serta aplikasi lainnya. Selanjutnya implikasi dari solusi ini pula dapat menjamin warga negara khususnya anak usia sekolah untuk mendapatkan pendidikan sebagai hak seorang warga negara. Kemudian, secara praktek dimana pelaksanaan pendidikan dengan menggunakan jaringan atau pendidikan jarak jauh setidaknya berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran sebagai bagian dari kawasan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPDSH

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Educational and social ...