Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora
Vol. 1 No. 9: Juli 2022

PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP DAN EKOSISTEM SISWA KELAS V SD RADEN PATAH SURABAYA

Azhim Azka Dapitra (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar)
Yudha Popiyanto (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Savitri Suryandari (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media power point Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA materi Hubungan antar makhluk Hidup dan Ekosistem di Kelas V SD Raden Patah Surabaya.Jenis penelitian adalah kuantitatif dalam bentuk quasi eksperiment design. Dengan desain The Nonequivalent Pretest-postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Raden Patah Surabaya. Sampel penelitian ini menggunakan kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes yang berupa pre-test dan post-test yakni objektif pilihan ganda.Perbedaan hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan setelah di lakukannya perlakuan dengan media pembelajaran berbasis power point terhadap kelas eksperimen dan perlakuan dengan metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Besar pengaruh media pembelajaran berbasis power point terhadap hasil belajar IPA materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Ekosistem pada siswa kelas V SD Raden Patah Surabaya menunjukkan perbandingan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 36,1%. Terdapat perbedaan yang signifikansi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Berdasarkan perolehan presentase tersebut pengaruh media pembelajaran berbasis power point memberikan peningkatan pada hasil belajar siswa kelas V SD Raden Patah Surabaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPDSH

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Educational and social ...