INOTEK
Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK)

Penggunaan Google Trends Dalam Perencanaan Strategi Content Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Bisnis di Dunia Internet

Femmy Effendy (STMIK Rosma)
Ratih Huriyati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Disman Disman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Mokh Adib Sultan (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2021

Abstract

Internet dalam dunia bisnis telah berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat penentu strategi dalam bisnis di dunia internet seperti pemasaran dan penjualan. Sehingga pelaku bisnis pada internet harus dapat memanfaatkan peluang yang ada. Salah satu cara yang dapat ditempuh dalam memasarkan produk yaitu penentuan strategi dalam pemilihan content marketing. Content memiliki peranan penting dalam memanfaatkan digital marketing sebagai media pemasaran. Hal itu dikarenakan, pemain digital marketing harus mendistribusikan content secara rutin kepada pelanggan.Strategi konten adalah sebuah perencanaan yang berisi pembuatan hingga pendistribusian content kepada pelanggan. Bisnis dengan strategi content yang terencana baik memiliki hasil yang lebih efektif dan maksimal. Pemilihan content dapat dilakukan menggunakan mesin pencari Google trends sebagai pencatat pencarian untuk menentukan content yang sering digunakan oleh pencari produk atau pengguna internet. Google trends merupakan salah satu instrumen big data yang paling sederhana untuk mencari data yang berbasis web sehingga tidak memerlukan survey. Dalam penelitian ini data diambil menggunakan google trends dengan kategori pada topik pada pencarian wilayah di Indonesia, data selama 12 bulan terakhir, semua kategori dan pencarian web serta youtube. Hasil penelitian diketahui bahwa Totenham adalah kata yang menjadi trending topic harian, dan UEFA menjadi trending topik tertinggi di tahun 2021 sedangkan Tiktok menjadi queries yang paling terkait. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran secara deskriptif tentang cara mencari content marketing dengan memanfaatkan Google Trends dan dapat menjadi rujukan pada penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

inotek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK) merupakan kumpulan makalah yang telah disampaikan dalam Seminar Nasional yang diikuti oleh para peserta yang berasal dari Instansi Pemerintah, Institusi Swasta, Perguruan Tinggi, Pakar, Pemerhati Lingkungan dan para mahasiswa, yang ...