Jurnal Riset Farmasi
Volume 1, No. 2, Desember 2021, Jurnal Riset Farmasi (JRF)

Penelusuran Pustaka Senyawa yang Berpotensi Aktivitas Larvasida dari Tanaman Suku Rutaceae terhadap Larva Nyamuk Aedes aegypti.

Muhammad Shofiyanta (Prodi Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Bandung)
Esti Rachmawati Sadiyah (Farmasi, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Abstract. The Aedes aegypti mosquito is a vector for the spread of Dengue Hemorrhagic Fever, and the use of natural larvicides is needed as an alternative to synthetic larvicides to control its growth. The plant family that is widely used in the development of larvicidal active ingredients is Rutaceae. This literature review was conducted with the aim of collecting and analyzing research results related to the content of compounds that have the potential to produce larvicidal activity in the Rutaceae plant family. There are 11 plant species from the Rutaceae family that have larvicidal activity against Aedes aegypti mosquito larvae based on a literature review, with the plant part commonly used in testing larvicidal activity against Aedes aegypti mosquito larvae, namely the leaf part, and chemical content with high potency of larvacide is essential oils with various components. Abstrak.Nyamuk Aedes aegypti merupakan vektor penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue, dan penggunaan larvasida alami dibutuhkan sebagai alternatif larvasida sintetis untuk mengendalikan pertumbuhannya. Suku tumbuhan yang banyak dimanfaatkan dalam pengembangan bahan aktif larvasida adalah Rutaceae. Penelusuran pustaka yang di lakukan bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisis hasil-hasil penelitian terkait kandungan senyawa yang berpotensi menghasilkan aktivitas larvasida pada keluarga tanaman Rutaceae. Terdapat 11 spesies tanaman dari keluarga Rutaceae yang memiliki aktivitas larvasida terhadap larva nyamuk Aedes aegypti berdasarkan penelaahan literatur, dengan bagian tanaman yang umum digunakan pada pengujian aktivitas larvasida terhadap larva nyamuk Aedes aegypti yaitu bagian daun, dan kandungan senyawa kimia yang berpotensi kuat sebagai larvasida adalah minyak atsiri dengan komponen yang beragam.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JRF

Publisher

Subject

Chemistry Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Riset Farmasi Jurnal Riset Farmasi (JRF) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review yang mempublikasikan hasil riset dan kajian teoritik terhadap isu empirik dalam sub kajian farmasi. JRF ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan eISSN 2798-6292 yang diterbitkan oleh ...