Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 8 No 3 (2019)

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Sefrin Siang Tangkearung (Universitas Kristen Indonesia Toraja)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu, dengan desain post test control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas Va dan Vb yang dipilih secara acak dengan teknik random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan melalui model problem based learning dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tallunglipu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The Jurnal Keguruan dan Ilmu pendidikan (JKIP) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational ...