Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 9 No 3 (2020)

Upaya Guru Kelas Untuk Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas IV SDN 307 Inpres Panglion

Sefrin Siang Tangkearung (Universitas Kristen Indonesia Toraja)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana upaya guru kelas dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas IV SDN 307 Inpres Panglion Kabupaten Tanah Toraja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif . Subjek pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas (key informan) dan ketua kelas IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Hasil penelitian menunjukkan (1) Bentuk perilaku bullying yang terjadi pada siswa kelas IV SDN 307 Inpres Panglion Kabupaten Tana Toraja yaitu bentuk bullying fisik seperti memukul, menendang, menarik rambut teman dan merusak barang temannya dan bullying verbal berupa mengejek dan memanggil dengan nama julukan ‘’Tangmen’’(name calling). (2) Upaya guru kelas dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas IV SDN 307 Inpres Panglion Kabupaten Tana Toraja yaitu mengetahui akar permasalahan terjadinya bullying, memberikan nasehat/himbauan, memberikan hukuman dan melakukan pengawasan. (3) Bentuk kerja sama guru kelas dengan pihak lain dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas IV SDN 307 Inpres Panglion Kabupaten Tana Toraja yaitu dengan orang tua siswa terkait permasalahan dan perkembangan anak disekolah. Kerja sama juga dilakukan dalam melakukan pembinaan pada siswa yang memiliki permasalahan sehingga orang tua dapat berperan dalam mengawasi dan membina anak saat di rumah sehingga antara guru kelas dan orang tua siswa akan terbentuk sinergi yang baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The Jurnal Keguruan dan Ilmu pendidikan (JKIP) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational ...